Selasa, 27 September 2016

MANAJEMEN KEUANGAN

BUKU:
Dasar-dasar Manajemen Keuangan (Essential of Financial Management); Edisi 11
Penulis: Brigham - Houston

Berikut ini adalah ringkasan materi Bab 5: Pasar dan Institusi Keuangan
Download versi docx. klik di sini

BAB 5
PASAR DAN INSTITUSI KEUANGAN

PASAR
Pasar adalah tempat dimana barang dan jasa diperdagangkan.
Pasar keuangan adalah tempat dimana pihak-pihak yang ingin meminjam dana bertemu dengan pihak-pihak yang mempunyai surplus dana.

JENIS-JENIS PASAR KEUANGAN
1.      Pasar aset fisik vs pasar aset keuangan
Pasar aset fisik adalah pasar untuk produk-produk seperti gandum, mobil, real estat, komputer, dan mesin-mesin. Sementara itu, pasar aset keuangan berhubungan dengan saham, obligasi, wesel, hipotek, dan klaim-klaim atas aset nyata lainnya, sekaligus efek derivatif yang nilainya diturunkan dari perubahan harga aset-aset lain.
2.      Pasar tunai vs pasar berjangka
Pasar tunai (spot market) merupakan pasar di mana aset diperjualbelikan untuk pengiriman “on the spot” atau “saat itu”. Pasar berjangka (future markets) merupakan pasar di mana para partisipasinya melakukan persetujuan di hari ini untuk membeli atau menjual aset pada satu tanggal di masa depan.
3.      Pasar uang vs pasar modal
Pasar uang (money market) merupakan pasar untuk efek utang jangka pendek yang sangat likuid. Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk utang jangka menengah dan jangka panjang serta saham perseroan.

Hubungannya dengan Financing Desicion
Financing desicion (keputusan pendanaan) adalah keputusan mengenai penggunaan sumber dana. Sumber dana yang meliputi:
·                   Internal laba operasi
·               Eksternal debt atau equity
4.      Pasar primer vs sekunder
Pasar primer (primary market) adalah pasar di mana perseroan menghimpun modal baru dengan menjual sekuritas baru. Pasar sekunder (secondary market) merupakan pasar di mana efek yang telah ada dan beredar diperdagangkan di antara investor, setelah diterbitkan oleh perusahaan.
5.      Pasar privat vs pasar publik
Pasar privat (pasar tertutup) pasar di mana transaksinya dinegosiasikan secara langsung antara kedua belah pihak berbeda dengan pasar publik (public market), di mana kontrak yang distandardisasi diperdagangkan melalui pertukaran yang terorganisasi.

BAGAIMANA MODAL DITRANSFER ANTARA PENABUNG DAN PEMINJAM
a.      Transfer langsung
Transfer lansung terjadi apabila penabung bertemu langsung dengan peminjam dan menukarkan dananya dengan aset finansial tanpa ada bantuan dari pihak ketiga.
b.      Lembaga Investasi Perbankan
Lembaga investasi perbankan adalah bidang usaha yang dapat dilakukan oleh bank untuk berpartisipasi dalam membentuk modal bagi badan-badan pemerintah baik pusat maupun daerah.
c.       Perantara keuangan
Perantara keuangan adalah pihak seperti bank atau lembaga keuangan lain yang menerima dana dan penyedia dan menempatkan dana tersebut pada pengguna.

JENIS PERANTARA KEUANGAN
a.      Bank komersial
Departemen keuangan tradisional yang melayani beragam penabung dan peminjam.
b.      Koperasi Simpan Pinjam
Salah satu lembaga keuangan bukan bank yang bertugas memberikan pelayanan masyarakat, berupa pinjaman dan tempat penyimpanan uang bagi masyarakat.
c.       Perusahaan dana pensiun
Perusahaan atau badan pemerintah yang mendanai program purna karya bagi para karyawan dan dikelola terutama oleh departemen perwalian dari bank komersial atau perusahaan asuransi jiwa.
d.      Perusahaan asuransi jiwa
Perusahaan yang menerima uang dari penabung dan menggunakannya untuk membeli saham, obligasi jangka panjang, atau instrumen utang jangka pendek yang diterbitkan oleh kalangan usaha atau unit perusahaan.
e.       Perusahaan leasing
Perusahaan yang melakukan pembiayaan peralatan barang modal untuk digunakan pada proses produksi baik secara langsung maupun tidak langsung.


REKSA DANA
Wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal, untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

EFEK DI PASAR MODAL DI INDONESIA
Efek adalah surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti hutang, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas efek, dan setiap derivatif dari efek.

INVESTASI PASAR MODAL
·          Investasi yang dilakukan investor dalam berbagai instrumen keuangan jangka panjang.
·          Merupakan sumber dana eksternal bagi perusahaan.

MANFAAT PASAR MODAL
·          Sumber pendanaan jangka panjang bagi perusahaan
·          Wahana investasi bagi investor
·          Leading indicator bagi tren ekonomi negara
·          Penyebaran kepemilikan, meningkatkan keterbukaan dan profesionalisme, menciptakan iklim usaha yang sehat

PASAR UNTUK SAHAM BIASA
·          Pasar primer
Pasar di mana perusahaan memperoleh modal dengan menerbitkan efek baru.
·          Pasar pekunder
Pasar di mana efek dan aset keuangan lainnya diperdagangkan di antara investor setelah diterbitkan oleh perusahaan.
·          Penawaran saham perdana (pasar IPO)
Initial Public Offering (IPO) disebut debagai Penawaran Saham Perdana adalah saham suatu perusahaan yang pertama kali dilepas untuk ditawarkan atau dijual kepada masyarakat atau publik. Karena itu perusahaan yang melakukan IPO sering disebut sedang “GO POBLIC”.

EFFICIENT MARKET HYPOTHESIS (EMH)
Hipotesis yang menyatakan bahwa efek pada umumnya berada dalam kondisi ekuibilium, bahwa saham tersebut dihargai secara wajar dalam artian harganya telah mencerminkan seluruh informasi tentang saham yang tersedia bagi publik. Investor tidak dapat “mengatur pasar” kecuali melalui keberuntungan atau informasi yang lebih baik.

TINGKAT EFISIENSI PASAR
a.      Weak-form efficiency (efisiensi bentuk lemah)
Bentuk lemah (weak form) EMH menyatakan bahwa seluruh informasi yang dimuat dalam pergerakan harga saham masa lalu akan sepenuhnya tercermin dalam harga pasar saat ini. Review harga saham masa lalu tidak dapat digunakan untuk meramalkan harga saham masa depan. Bukti mendukung bahwa terdapat EMH bentuk lemah, tetapi “technical analysis” sekarang masih digunakan.
b.      Semistrong-form efficiency (efisiensi bentuk semi kuat)
Bentuk semi kuat (semi strong form) EMH menyatakan bahwa harga pasar saat ini mencerminkan seluruh informasi yang tersedia kepada publik. Tidak ada manfaatnya untuk menganalisis secara berlebih pada laporan keuangan untuk mencari harga saham yang terlalu murah. Secara luas benar, tetapi analisis utang masih bisa mendapatkan keuntungan dengan menemukan dan menggunakan informasi baru.
c.       Strong-form efficiency (efisiensi bentuk kuat)
Bentuk kuat (strong form) EMH menyatakan bahwa harga pasar saat ini mencerminkan seluruh informasi yang relevan, entah itu tersedia bagi publik atau dimiliki secara pribadi. Tidak benar bahwa pihak intern dapat mengambil keuntungan dengan mendasarkan pada inside information, tetapi itu tidak legal.

ANALISIS PERKEMBANGAN HARGA SAHAM
a.      Analisis Fundamental
Metode analisis yang didasarkan pada fundamental ekonomi suatu perusahaan. Analisis ini berdasarkan pada faktor-faktor finansial dan non finansial.
b.      Analisis Teknikal
Suatu teknik analisis yang dikenal dalam dunia keuangan yang digunakan untuk memprediksi tren suatu harga saham dengan cara memperlajari data pasar yang lampau, terutama pergerakan harga dan volume. Analisis ini berdasarkan pada pola gerakan harga saham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wajib menghargai penulis. Silahkan tinggalkan pesan dan saran pada kolom komentar. Mohon maaf jika pertanyaan tidak terbalas dan terimakasih atas kunjungannya.